Mengenal Graphic Options Pada PC

Apakah Anda gemar bermain game di PC? Jika iya, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan menu “Graphic Options”. Nah, mari kita simak yuk apasih Graphic Options itu.

Mengenal Graphic Options Pada PC

Perkembangan Game khususnya game yang ada di platform PC semakin hari semakin baik. Para produsen Game tampaknya ingin berlomba-lomba untuk menghasilkan sebuah Game yang mampu memberikan tidak hanya cerita dan pengalaman bermain game yang tak terlupakan, tetapi juga ingin menghadirkan sebuah Game yang menampilkan grafis dan perspektif yang real. Dan tidak sedikit Game yang dijadikan salah satu acuan untuk menguji kemampuan dari sebuah Graphic Card. Contohnya saja seperti, Metro Last Light, GTA V, GRID, dan masih banyak lagi. Hali ini semakin membuktikan, bahwa Game bukanlah hanya sebuah permainan yang dapat dimainkan, namun juga sebuah permainan yang dapat kita nikmati grafisnya dengan berbagai fitur dan pengaturan grafis yang ditawarkan.

Kembali lagi ke topik awal tadi yaitu tentang mengenal lebih jauh Graphic Options, saat Anda baru memulai sebuah permainan pada PC Anda, pasti Anda melakukan pengaturan terlebih dahulu, termasuk untuk melakukan pengaturan pada grafis Game yang Anda mainkan. Mungkin Anda masih ada yang sedikit bingung dengan istilah-istilah yang ada pada menu Graphic Options sperti, Anti aliasing, Anisotropic filtering, Quality settings, dan masih banyak lagi. Ok, itu semua adalah segelintir dari pengaturan yang dapat Anda tingkatkan sesuai keinginan Anda untuk menghasilkan kualitas maksimum dari sebuah Game yang Anda mainkan. Yuk ga usah panjang lebar lagi mari kita lihat apa aja sih yang ada di Graphic Options, dan apa saja kegunaannya jika kita menaikkannya ketika saat beramain Game, dibawah ini adalah penjelasan dari Graphic Options yang sering Anda jumpai saat melakukan pengaturan grafis pada Game.

  • Resolusi 

Resolusi emrupakan hal dasar yang biasanya kita setting. Resoulis adalah, kerapatan pixel yang mampu menghasilkan gambar sebuah Game. Biasanya resolusi memiliki ukuran bervariasi, mulai dari resolusi 640×480 hingga resolusi 4K atau 3840×2160. Angka-angka tadi menunjukan jumlah dari lebar dan tinggi dot pixel yang ada pada monitor Anda

  • Frame per second (FPS)

FPS Di sini bukan berarti genre Game yang kita mainkan loh ya (First person shooter), FPS dalam Graphic Options merupakan frame yang mampu dihasilkan oleh VGA card setiap detiknya. Semakin tinggi jumlah FPS (Frame per second) yang diraih maka mata kita akan semakin nyaman untuk bermain Game. Pada umumnya, FPS yang cukup nyaman ketika dilihat oleh mata manusia adalah 60 FPS. Jika FPS berada dibawah 60 FPS, maka Game akan terasa patah-patah dang lag, terutama jika FPS tidak mampu lebih dari 30 Frame per second. Tetapi dengan 40-50 Fps saja udah cukup playable kok. Biasanya untuk mengukur FPS Anda dapat menggunakan aplikasi Fraps.

  • Upscaling dan Downcaling

Akhir-akhir banyak Game yang menawarkan feature Upscaling dan juga Downscaling, salah satunya game Ryse: Son of Rome and Shadow of Mordor seperti pada gambar di bawah. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan feature ini, justru membantu keterbatasan Anda ketika memiliki monitor yang tidak sesuai dengan resolusi Game yang ditawarkan. Misalkan saja, Anda memiliki monitor dengan maksimum resolusi 1080p, Anda dapat dapat memainkan Game dengan resolusi diatasnya misalnya 1440p dan ini yang disebut Downscaling. Semantara untuk Upscaling adalah kebalikannya, jika monitor Anda memiliki resolusi 1440p dan game yang Anda jalankan hanya mampu mencapai resolusi maksimal sebesar 1080p maka itu dinamakan Upscaling. Jadi, intinya semua resolusi dapat ditampilkan pada berbagai resolusi monitor. Namun, harus ada konsekuensi yang harus diterima, akibat memaksakan resolusi untuk menjadi lebih lebar (Upscaling) maka gambar yang dihasilkan akan menjadi lebih kasar dan penurunan detail akan tearas. Sementara itu, Downscaling mampu menghadirkan pixel yang lebih rapat dan ketajaman secara otomatis akan lebih meningkat. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan perbandingan gambar di bawah ini :

Upscale

Klik untuk memperbesar

 

  • Vertical sync dan screen tearing

Ketika saat refresh yang ada pada monitor tidak sinkron dengan render yang dihasilkan oleh Game, maka akan terjadi delay. Nah, delay ini yang menyebabkan gambar yang ada pada game seperti terpotong-potong. Lalu bagaimana mengatasinya, disinilah peran dari Vsync yang bertugas untuk mengatasi delay tersebut sehingga game berjalan dengan normal tanpa ada bagian yang terpotong akibat delay. Tetapi, akibat penggunaan Vsync terkadang akan ada lag pada bagian tertentu dan biasanya ini akan menurunkan FPS, di bawah ini contoh dari delay yang terjadi :

Vsync

Klik untuk memperbesar

 

  • Anti-Aliasing

Hampir di setiap Game pasti Anda menemukan anti-aliasing pada graphic options. Anti-aliasing salah satu pengaturan yang cukup menguras kinerja VGA. Fungsi utama anti-aliasing adalah menghaluskan garis pixel diagonal yang ada pada setiap game, misalnya saja sudut-sudut garis lurus yang biasanya membentuk sperti tangga tidak halus. Biasanya anti-aliasing dapat diatur tingkatannya, selain itu untuk mengatasinya adalah dengan penggunaan supersampling. Lebih sederhananya lagi anti-aliasing lebih memperhalus bidang yang mempunyai sudut-sudut kasar. Langsung aja lihat perbedaan contoh di bawah ini sebagai perbandingannya :

AA

Klik untuk memperbesar

 

  • Anisotropic Filtering

Selain anisotropic filteric, biasanya dalam pengaturan grafis juga terdapat filter lainnya yaitu trilinear. Namun, Trilinear hanya membuat bagian foreground terlihat kabur. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan anisotropic filtering  menciptakan 3D pixel yang lebih detail lagi dibanding Trilinear. Lihat perbedaanya di bawah ini :

AF

Klik untuk memperbesar

 

  • Quality Settings

Setiap game mempunyai standarisasi sendiri untuk menentukan kualitas pengaturan kualitas gambar mereka. Biasanya ini meliputi shadow, resolusiton, depth of field, view distance dan masih banyak lagi. Ini bertujuan secara general untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik lagi. Dan Anda dapat mengatur sesuai keinginan dan menyesuaikan dengan spesifikasi PC Anda agar mampu berjalan lancar dan nyaman.

  • Kesimpulan

Itu tadi beberapa penjelasan singkat tentang pengaturan grafis pada PC ketika Anda bermain game. Kedepannya ceperan akan membahas lebih detail lagi dan lebih jauh tentang perbedaan dari masing-masing pengaturan tersebut. Yang perlu harus kita ketahui ketika lakukan saat sebelum memulai bermain game adalah, aturlah graphic options sedemikian rupa yang mampu untuk di-render dengan stabil oleh grpahic card Anda. Jangan terlalu memaksakan kehendak untuk mendapatkan kualitas terbaik dengan mengorbankan FPS, karena itu akan mengganggu kenaymanan bermain game, ga mau dong main gamenya patah-patah?

 

 

Share
Photography Addict || Automotive Enthusiast || Juventini