Wow, Telkomsel Optimasi Jaringan di 30 Kota

Wow, Telkomsel Optimasi Jaringan di 30 Kota

Ceperan.com: Untuk meningkatkan layanan data, Telkomsel melakukan optimasi jaringan di 30 Kota di seluruh Indonesia. Program peningkatan kualitas layanan mobile broadband yang dicanangkan sejak awal tahun ini diusung dengan nama True Broadband Experience (TrueBEx)

Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan, “Tahun ini kami telah mencanangkan program TrueBEx untuk penyediaan jaringan broadband terbaik di 30 Kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest) untuk memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga.”

Sukardi menjelaskan, 30 Kota ini meliputi kombinasi antara kota-kota besar dan kota-kota yang memiliki potensi penggunaan layanan broadband yang tinggi, seperti di antaranya Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Yogyakarta dan Semarang. Adapun di dalam pelaksanaan program TrueBEx, terdapat tiga parameter utama dari sisi network (jaringan) yang telah ditetapkan dalam menyajikan great customer experience yaitu Coverage, Capacity dan Quality.

Coverage yang baik diharapkan akan mampu meminimalisir adanya blank spot pada sinyal. Sementara itu, ketersediaan Capacity akan memastikan kesuksesan akses layanan data bagi pelanggan dengan menjaga tingkat utilisasi jaringan 3G.

Quality akan menjamin kualitas jaringan berupa kecepatan dan kestabilan layanan data yang konsisten sesuai dengan kebutuhan layanan yang digunakan.

Sejak awal tahun, Telkomsel telah melakukan berbagai aktivitas untuk mendukung program TrueBEx, di antaranya Drive Test & Walk Test, Optimalisasi Jaringan, Pemasangan COMBAT (Compact Mobile Base Station), Penambahan BTS Baru dan Kapasitas Jaringan, Customer Experience Test (CET), serta Performance Monitoring & Complaint Handling. Selain itu, mereka mengimplementasi DC-HSDPA dan HSPA+, sehingga throughput kecepatan dapat mencapai 42 Mbps.

Untuk mengukur dan memastikan kualitas layanan, Telkomsel melakukan sertifikasi TrueBEx di 30 Kota, yang dilakukan berdasarkan pengukuran uji kecepatan akses data broadband di berbagai cluster (wilayah), termasuk di dalamnya lokasi POI yang menjadi pusat keramaian publik, seperti Bandar Udara, Terminal Bis, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, Lokasi Industri, Mal, Gedung Bertingkat dan Sekolah/Kampus.

Kualitas jaringan di lokasi-lokasi POI diukur berdasarkan hasil customer experience test yang melibatkan langsung beberapa pelanggan untuk mendapatkan kesan dan masukan mereka terkait pengalaman menggunakan layanan broadband Telkomsel. Uji kecepatan dan kestabilan akses data tersebut diantaranya meliputi speed test, mengukur kecepatan dalam membuka web (Internet browsing), mengirim gambar melalui chatting apps, social media dan streaming.

Hasil dari pengukuran yang telah dilakukan di kota-kota tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kualitas jaringan berdampak pada peningkatan penggunaan layanan data oleh pelanggan.

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan mobile broadband, saat ini Telkomsel juga telah menggelar teknologi generasi selular keempat, yakni layanan 4G LTE di Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Bali, Lombok, Makassar, Manado, Batam dan Yogyakarta. Secara nasional, Telkomsel memiliki lebih dari 1.300 BTS 4G dan lebih dari 1,8 juta pelanggan 4G.

Share